Tuesday, August 2, 2011

iStethoscope, Apps iPhone Pengganti Stetoskop Milik Dokter ImageiStethoscope by The Undercover Scientist
iStethoscope adalah sebuah App SmartPhone (khusunya Apple iPhone) yang digunakan sebagai aplikasi untuk mendeteksi detak jantung seseorang. Cara kerja alat ini menggunakan microphone sebagai sensor dari detak jantung manusia. Aplikasi ini pada awalnya hanya “sebuah mainan” yang dibuat oleh Peter Bentley dari University of London yang dibuat sebagai alat pendeteksi detak jantung yang sederhana.
Seiring dengan banyaknya permintaan, aplikasi mobile iStethoscope ini terus dikembangkan dan mulai dikomersilkan. Sekarang ada 2 versi dari app ini yaitu iStethoscope Free (gratis) dan iStethoscope Pro (perlu membeli lisensi untuk mendapatkannya).

Cara kerja alat ini bisa dibilang cukup sederhana. Pengguna iPhone hanya perlu meletakkan iPhone di dada orang yang ingin diukur detak jantungnya, kemudian menyimpan data hasil pendeteksian di dalam iPhone, selanjutnya aplikasi iStethoscope akan mengkonvertnya kedalam bentuk grafik yang ditampilkan di layar iPhone.
Peter Bentley mengatakan, aplikasi ini sangat murah jika dibandingkan dengan stetoskop standard yang digunakan di rumah sakit karena tidak memerlukan perangkat lain selain dari Smart Phone itu sendiri. Berbeda dengan stetoskop kepunyaan dokter yang perangkatnya terbagi dalam beberapa bagian hingga tersaji sebuah grafik detak jantung seseorang yang ditampilkan di layar monitor.
Banyak orang bersemangat tentang potensi dan penerapan teknologi ini di masa mendatang karena dapat membantu dokter dalam mendiagnosa kondisi pasien yang sedang mereka tangani. Tidak perlu lagi berlari dan mendatangi ruang kerja dokter yang berjarak cukup jauh jika diperlukan penanganan darurat untuk mendiagnosa pasien karena semua sudah tersedia dalam aplikasi iStethoscope.
Meskipun begitu, banyak dokter masih meragukan penggunaan alat ini karena menurut mereka data yang diperoleh belum se-valid data yang dihasilkan oleh stetoskop standard yang biasa mereka gunakan. Belum lagi, hubungan baik antara dokter dengan pasien tidak akan pernah tergantikan hanya karena adanya teknologi baru di smartphone.
iStethoscope, Apps iPhone Pengganti Stetoskop Milik Dokter Image
Walaupun banyak yang pro dan kontra tentang penggunaan smartphone di dunia kedokteran, kita sebagai pengguna teknologi tentunya masih dapat mengambil manfaat dari aplikasi iStethoscope. Terlebih lagi, jika putra-putri anda ada yang bercita-cita menjadi dokter, aplikasi ini merupakan “app” wajib yang harus ada di smart phone yang bisa anda pakai untuk mengarahkan mereka semakin dekat dengan dunia kedokteran.

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube